Makalah Matakuliah :

PENDIDIKAN KOMPARATIF

Oleh :

Fadli

  1. A. Pendahuluan

Australia adalah pulau terbesar dan benua terkecil di dunia, yang terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan. Australia terdiri dari 6 (enam) negara bagian (New South Wales, Queensland, Tasmania, Australia Selatan, Australia Barat dan Victoria)  dan 2 (dua) wilayah daratan (Northern Territory dan Australian Capital Territory). Sistem pendidikan di Australia diatur oleh masing-masing negara bagian dan wilayah daratan. Secara umum, jenjang pendidikan formal di Australia terdiri atas 3 (tiga) tahapan pendidkan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan Menengah dan pendidikan tinggi.

Menurut Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas disebutkan dalam Pasal 1 Ayat 8 bahwa jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan. Dilihat dari jenjang pendidikan formal, Indonesia mempunyai 3 (tiga) tahapan pendidikan yang sama seperti Australia, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Baik di Indonesia ataupun di Australia pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Perbedaan jenjang pendidikan dasar di Indonesia dan Australia terletak pada lama pendidikannya.  Pendidikan dasar di Indonesia selama 9 (sembilan) tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD)                selama 6 (enam) tahun dan  Sekolam Menengah Pertama (SMP) selama 3 (tiga) tahun. Sedangkan di Australia lama pendidikan dasar adalah 6 (enam) atau                  7 (tujuh) tahun setingkat SD (lama pendidikan SD tergantung otoritas masing-masing daerah).

Pendidikan menengah di Indonesia dan Australia merupakan lanjutan dari pendidikan dasar. Di Indonesia pendidikan menengah selama 3 (tiga) tahun dan di Australia pendidikan menengah selama 5 (lima) atau (enam) tergantung dari otorita dari masing-masing negara bagian dan wilayah daratan.

Tahapan terakhir dari jenjang pendidikan di Indonesia dan Australia adalah pendidikan tinggi, yang merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah. Pendidikan tinggi di Indonesia dan Australia mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magíster, spesialis dan doctor yang diselengarakan oleh perguruan tinggi.

Berdasarkan buku pedoman Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya (2007 : 269), tujuan umum matakuliah Pendidikan Komparatif adalah membahas dan membandingkan pendidikan di berbagai           daerah, negara, misalnya negara-negara ASEAN dengan menekankan antara lain pada penerimaan murid, manajemen, biaya, struktur, koalitas pembelajaran, jenis dan jenjang persekolahan, pendidikan guru dan penempatannya, ujian dan sertifikasi.

Berdasarkan  mengenai jenjang pendidikan formal di negara Australia dan Indonesia, maka timbul suatu permasalahan:  adakah perbedaan jenjang pendidikan formal di Australia dan Indonesia, ditinjau dari lama dan jalur pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi ? Oleh karena itu, makalah ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jenjang pendidikan formal di Australia dan Indonesia, ditinjau dari lama dan jalur pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

  1. B. Jenjang Pendidikan Formal

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan. Dalam hal ini, hanya akan dibicarakan mengenai jenjang pendidikan formal yang ada di negara Australia dan Indonesia.

Pada bagian ini akan dijelaskan jenjang pendidikan formal secara umum di negara Australia dan Indonesia.

  1. 1. Jenjang Pendidikan Formal di Australia

Gambar 1. Jenjang Pendidikan Formal di Australia

(Breen, 2002)

Rentang persekolahan (spend of schooling) di berbagai negara bagian dan wilayah terdapat persamaan dan sekaligus perbedaan, baik dari segi penamaan maupun penjejangannya. Rentang persekolahan di Australia yakni mulai dari Taman Kanak-kanak (Kindergarten) sampai ke tahun ke-12 (pendidikan menengah), dilanjutkan ke pendidikan tinggi. Nama-nama jenjang persekolahan di Australia adalah Taman Kanak-kanak (Kindergarten) atau Prasekolah, Sekolah Dasar (Primary School), dan Sekolah Menengah (Junior Secondary School dan Senior High School).

Pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdapat perbedaan lama pendidikan dari masing-masing negara bagian dan wilayah daratan, ada yang pendidikan dasarnya 6 (enam) tahun dan pendidikan menengah juga 6 (enam) tahun, serta ada yang pendidikan dasarnya 7 (tujuh) tahun dan pendidikan menengahnya 5 (lima) tahun. Ini dikarenakan berdasarkan Konstitusi Australia, pendidikan adalah tanggung jawab negara bagian. Pada setiap negara bagian, seorang Menteri Pendidikan dengan sebuah departemen pendidikan melaksanakan pendidikan dasar dan menengah, dan adakalanya juga pendidikan prasekolah pada daerah itu. Sehingga masing-masing negara bagian dan wilayah daratan mempunyai otoritas sendiri-sendir dalam pelaksanaan pendidikannya.

Untuk negara bagian dan wilayah daratan New South Wales, Victoria, Tasmania dan Australian Capital Territory, jenjang pendidikan dasar 6 (enam) tahun dan dan pendidikan menengah 6 (enam) tahun, terdiri dari:

Jenjang Pendidikan Lama pendidikan
Pendidikan Dasar

  • Primary School

6 (enam) tahun

Pendidikan Menengah

  • Junior Secondary School
  • Senior High School

4 (empat) tahun

2 (dua) tahun

Untuk negara bagian dan wilayah daratan Queensland, Australia Selatan, Australia Barat dan Northern Territory, jenjang pendidikan dasar 7 (tujuh) tahun dan dan pendidikan menengah 5 (lima) tahun, terdiri dari:

Jenjang Pendidikan Lama pendidikan
Pendidikan Dasar

  • Primary School

7 (tujuh) tahun

Pendidikan Menengah

  • Junior Secondary School
  • Senior High School

3 (tiga) tahun

2 (dua) tahun

Jenjang pada pendidikan tinggi (perguruan tinggi), lama pendidikan untuk memperolah gelar sarjana masing-masing perguruan tinggi atau universitas mungkin sedikit berbeda. Berikut adalah lama pendidikan tinggi secara umum di Australia, adalah sebagai berikut :

Tingkat kualifikasi Durasi waktu
Sertifikat 6-24 bulan
Diploma 1,5 tahun-3 tahun
Bachelors degree 3-5 tahun
Graduate Certificate 6 bulan
Graduate Diploma 1 tahun
Masters degree 1-2 tahun
PhD 4-5 tahun
  1. 2. Jenjang Pendidikan Formal di Indonesia

Rentang persekolahan di Indonesia pada setiap daerah relatif sama, yakni mulai dari Taman Kanak-kanak (Pendidikan Anak Usia Dini), dilanjutkan dengan pendidikan dasar (Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama), pendidikan menengah (Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan), dan pendidikan tinggi (Perguruan Tinggi). Nama-nama jenjang persekolahan di Indonesia adalah Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), dan Perguruan Tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, atau Akademik).

Di Indonesia lama pendidikan dasar dan menengah adalah 12 tahun, terdiri atas pendidikan dasar selama 9 (sembilan) tahun dan pendidikan menengah selama 3 (tiga) tahun, terdiri dari:

Jenjang Pendidikan Lama pendidikan
Pendidikan Dasar

  • SD / MI
  • SMP / MTs

6 (enam) tahun

3 (tiga) tahun

Pendidikan Menengah

  • SMA / SMK / MA / MAK

3 (tiga) tahun

Jenjang pada pendidikan tinggi (perguruan tinggi) di Indonesia, lama pendidikan untuk memperolah gelar sarjana masing-masing perguruan tinggi atau universitas cenderung sama. Berikut adalah lama pendidikan tinggi secara umum di Indonesia, adalah sebagai berikut :

Tingkat kualifikasi Durasi waktu (Rata-rata)
Diploma I 1 tahun
Diploma  II 2 tahun
Diploma III 3 tahun
Diploma IV 4 tahun
Sarjana 4 – 5 tahun
Magister 2 tahun
Doktor 3 tahun
  1. C. Jenjang Pendidikan Dasar

Pada bagian ini akan diuraikan secara rinci mengenai jenjang pendidikan dasar di Australia dan Indonesia serta perbedaan jenjang pendidikan dasar di Australia dan Indonesia.

  1. 1. Jenjang Pendidikan Dasar di Australia

Australia terdiri dari 6 (enam) negara bagian (New South Wales, Queensland, Tasmania, Australia Selatan, Australia Barat dan Victoria) dan 2 (dua) wilayah daratan (Northern Territory dan Australian Capital Territory). Pada masing-masing negara bagian dan wilayah daratan terdapat perbedaan lamanya pendidikan dasar (Primary School), yaitu ada yang 6 (enam) tahun dan ada yang 7 (tujuh) tahuan.

Untuk negara bagian dan wilayah daratan New South Wales, Victoria, Tasmania dan Australian Capital Territory, Sekolah Dasar (Primary School) selama           6 (enam) tahun dan untuk negara bagian dan wilayah daratan Queensland, Australia Selatan, Australia Barat dan Northern Territory, Sekolah Dasar (Primary School) selama 7 (tujuh) tahun.

Pendidikan dasar atau Primary School adalah wajib bagi  anak yang berusia          6 (enam) tahun sampai usia 12 atau 13 tahun tergantung dari lamanya pendidikan dasar di daerah tersebut. Untuk kurikulum pada masing-masing negara bagian dan wilayah daratan ada yang sama ada juga yang berbeda, tergantung dari otorita daerah masing-masing. Untuk semua negara bagian dan wilayah daratan Sekolah Dasar (Primary School) yang bersifat keagamaan merupakan milik swasta (tidak ada satupun sekolah dasar yang bersifat keagamaan merupakan sekolah dasar negeri).

  1. 2. Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 33 propinsi. Lama pendidikan dasar di Indonesia adalah 9 (tahun) tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD/MI) selama 6 (enam) tahun dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) selama 3 (tiga) tahun. Pendidikan dasar adalah wajib bagi anak berusia 6 (enam) tahun sampai usia 15 tahun.

Di Indonesia, ada 2 (dua) jalur pendidikan dasar yang setaraf dengan SD dan SMP, yaitu MI dan MTS. MI dan MTs merupakan pendidikan dasar yang menitikberatkan dalam bidang keagamaan, khususnya agama Islam, tetapi untuk lama pendidikannya sama seperti SD dan SMP. Jenjang pendidikan dasar dimulai pada kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam) untuk SD/MI dan kelas 7 (tujuh) sampai   9 (sembilan) untuk SMP/MTs.

  1. 3. Perbedaan Jenjang Pendidikan Dasar di Australia dan Indonesia

Berdasarkan penjelasan mengenai jenjang pendidikan dasar di Australia dan Indonesia terdapat beberapa pebedaan, yaitu :

Australia Indonesia
Lama pendidikan dasar 6 (enam) / 7 (tujuh) tahun 9 (sembilan) tahun
Jalur pendidikan SD ((Primary School) SD/MI – 6 (enam) tahun

SMP/MTs – 3 (tiga) tahun

Australia Indonesia
Jalur pendidikan yang bersifat keagamaan Milik swasta Milik pemerintah / swasta

  1. D. Jenjang Pendidikan Menengah

Pada bagian ini akan diuraikan secara rinci mengenai jenjang pendidikan menengah di Australia dan Indonesia serta perbedaan jenjang pendidikan menengah di Australia dan Indonesia.

  1. 1. Jenjang Pendidikan Menengah di Australia

Untuk negara bagian dan wilayah daratan New South Wales, Victoria, Tasmania dan Australian Capital Territory, pendidikan menengah (Junior Secondary School dan Senior High School) selama 6 (enam) tahun dan untuk negara bagian dan wilayah daratan Queensland, Australia Selatan, Australia Barat dan Northern Territory, , pendidikan menengah (Junior Secondary School dan c selama 5 (lima) tahun.

Pendidikan menengah Junior Secondary School adalah wajib bagi anak yang berusia usia 12 atau 13 tahun sampai 16 tahun tergantung dari lamanya pendidikan menengah di daerah tersebut. Untuk negara bagian dan wilayah daratan New South Wales, Victoria, Tasmania dan Australian Capital Territory, lama pendidikan Junior Secondary School selama 4 (empat) tahun dan untuk negara bagian dan wilayah daratan Queensland, Australia Selatan, Australia Barat dan Northern Territory, , lama pendidika Junior Secondary School selama 3 (tiga) tahun. Sedangkan lama pendidikan untuk Senior High School sama disetiap negara bagian dan wilayah daratan, yaitu selama 2 (dua) tahun.

Pada jenjang pendidikan Senior High School, setiap siswa berkewajiban memilih program pendidikan kejuruan atau pendidikan umum. Di Australia pendidikan kejuruan diarahkan untuk pasar kerja. Dimana setiap negara memiliki kejuruan Pendidikan dan Pelatihan (Vocational Education and Training / VET). VET mempersiapkan siswa untuk bekerja yang tidak perlu gelar sarjana. Biasanya, VET memakan waktu 2 (dua) tahun setelah pendidikan Senior High School atau 4 (empat) tahun setelah Junior Secondary School.  VET merupakan pendidikan berupa kursus keterampilan dan mendapat sertifikat.

  1. 2. Jenjang Pendidikan Menengah di Indonesia

Jenjang pendidikan menengah di Indonesia berlangsung selama 3 (tiga) tahun. Jalur pendidikan menengah di Indonesia terbagi atas dua jenis pendidikan, yaitu pendidikan umum dan pendidikan kejuruan.

Pendidikan umum adalah pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (perguuan tinggi). Sekolah Menengah Atas (SMA)                  dan Madrasah Aliyah (MA) merupakan jenis pendidikan umum pada jenjang pendidikan menengah. SMA merupakan kelanjutan dari SMP dan MA merupakan kelanjutan dari MTs. Pada pendidikan umum setaraf SMA dan MA, pembagian penjuruan dilakukan pada tahun kedua, yaitu pada kenaikan kelas 11.

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) merupakan jenis pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah. SMA merupakan kelanjutan dari SMP dan MA merupakan kelanjutan dari MTs.

  1. 3. Perbandingan Jenjang Pendidikan Menengah di Australia dan Indonesia

Berdasarkan penjelasan mengenai jenjang pendidikan menengah di Australia dan Indonesia terdapat beberapa pebedaan, yaitu :

Australia Indonesia
Lama pendidikan menengah 6 (enam) / 5 (lima) tahun 3 (tiga) tahun
Australia Indonesia
Jalur pendidikan
  • Junior Secondary School – 4 (empat) / 3 (tiga) tahun
  • Senior High School – 2 (dua) tahun
SMA/MA/SMK/MAK –                  3 (tiga) tahun
Jalur pendidikan yang bersifat keagamaan Milik swasta Milik pemerintah / swasta
Penjurusan untuk pendidikan umum Tidak ada Ada (tahun kedua)
Jenis pendidikan yang bersifat kejuruan 2 (dua) tahun + pendidikan tinggi 2 (dua) tahun 3 (tiga) tahun
Wajib Belajar Pendidikan dasar + Junior Secondary School Pendidikan dasar

  1. E. Jenjang Pendidikan Tinggi

Pada bagian ini akan diuraikan secara rinci mengenai jenjang pendidikan tinggi di Australia dan Indonesia serta perbedaan jenjang pendidikan tinggi di Australia dan Indonesia.

  1. 1. Jenjang Pendidikan Tinggi di Australia

Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan sertifikat, diploma, sarjana, sertifikasi (Graduate Certificate), profesi (Graduate Diploma), magister dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Australia. Perguruaan tinggi di Australia adalah Program Lanjutan, Akademi, Sekolah Tinggi dan Universitas.

Program lanjutan di Australia merupakan jalur pendidikan berupa kursus keterampilan yangi terlebih dahulu harus menyelesaikan pendidikan menengah. Jalur pendidikan ini tidak mengutamakan gelar sarjana dan  mendapatkan sertifikat dengan level I-IV, tergantung dari tingkat keahliannya. Lama pendidikan program lanjutan berkisar antara 6 – 24 bulan.

Akademi di Australia memfokuskan pada keahlian dari mahasiswa, yang sasarannya dunia kerja. Lama pendidikan ditingkat akademi antara perguruan tinggi berbeda-beda berkisar antara 1,5 – 3 tahun.  Pada jalur pendidikan ini, mahasiswa dapat melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi (tingkat universitas).

Sekolah tinggi dan univeristas bertujuan untuk mencetak sarjana, magister maupun doktor. Lama pendidikan untuk memperoleh gelar sarjana (Bachelors degree) berkisar antara 3 – 5 tahun, untuk sertifikasi (Graduate Certificate) dibutuhkan waktu 6 bulan dan untuk pendidikan profesi (Graduate Diploma) dibutuhkan waktu 1 tahun. Untuk melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi (Masters degree) diperlukan waktu 1 – 2 tahun dan doktor (PhD) diperlukan waktu  4 – 5 tahun.

Gambar 2. Jenjang Pendidikan Tinggi di Australia

  1. 2. Jenjang Pendidikan Tinggi di Indonesia

Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas disebutkan dalam Pasal 19 Ayat 1 bahwa: pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Perguruan  tinggi di Indonesia dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut dan Universitas.

Akademi adalah pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu. Akademi mencakup program pendidikan vokasi yaitu diploma 1 (D1) dengan lama studi 1 tahun, diploma 2 (D2) dengan lama studi 2 tahun, diploma 3 (D3) dengan lama studi 3 tahun, dan diploma 4 (D4)  atau maksimal setara dengan program pendidikan sarjana. Lulusan pendidikan akademi akan mendapatkan gelar akademi.

Politeknik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Politeknik mempunyai program pendidikan sama seperti akademi. Beda akademi dan politeknik terletak pada bidang pengetahuannya (politeknik bidang pengetahuannya lebih khusus dibanding akademi)

Sekolah tinggi / institut / universitas adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik (yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana, magister, dan doktor) dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi (pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus).

Institut merupakan perguruan tinggi negeri, sedangkan sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Beda universitas dengan institut dan sekolah tinggi adalah dari program studi yang ditawarkan (unversitas program studinya lebih umum dan beragam).

Lama pendidikan di sekolah tinggi / institut / universitas relatif sama. Untuk pendidikan vokasi, lama pendidikannya sama seperti akademi dan politeknik tergantung jenjang diplomanya. Untuk pendidikan akademik lama pendidikannya, yaitu sarjana (S1) rata-rata 4 – 5 tahun, magister (S2) rata-rata 2 tahun dan doktor (S3) rata-rata 3 – 4 tahun.

Untuk memperoleh gelar sertifikasi (dalam pendidikan akta 4) memerlukan waktu rata-rata 1 tahun dan gelar profesi (spesialis) rata-rata memerlukan waktu 1 – 2 tahun.

  1. 3. Perbandingan Jenjang Pendidikan Tinggi Di Australia dan Indonesia

Berdasarkan penjelasan mengenai jenjang pendidikan tinggi di Australia dan Indonesia terdapat beberapa pebedaan, yaitu :

Australia Indonesia
Lama pendidikan tinggi

Sertifikat / 6-24 bulan

Diploma / 1,5 tahun-3 tahun

Bachelors degree / 3-5 tahun

Graduate Certificate / 6 bulan

Graduate Diploma / 1 tahun

Masters degree / 1-2 tahun

PhD / 4-5 tahun

Diploma I / 1 tahun

Diploma  II / 2 tahun

Diploma  III / 3 tahun

Diploma  IV / 4 tahun

Sarjana / 4 – 5 tahun

Akta IV / 1 tahun

Profesi / 1 – 2 tahun

Magister / 2 tahun

Doktor / 3 – 4 tahun

Australia Indonesia
Jalur pendidikan
  • Program Lanjutan
  • Akademi
  • Sekolah Tinggi
  • Universitas
  • Akademi
  • Politeknik
  • Sekolah Tinggi
  • Institut
  • Universitas
Gelar akademik
  • Bachelors degree
  • Masters degree
  • PhD
  • Sarjana (S1)
  • Magister (S2)
  • Doktor (S3)

  1. F. Penutup

Dilihat dari jenjang pendidikan formal di Australia dan Indonesia yang ditinjau dari lamanya pendidikan dasar, pendidikan menegah dan pendidikan tinggi hampir sama, yaitu membutuhkan waktu 15 – 16 tahun untuk memperoleh gelar sarjana. Bila ditinjau dari pendidikan dasar atau pendidikan menengah saja terdapat perbedaan dari lama pendidikan di Australia dan Indonesia, tetapi untuk pendidikan tinggi relatif sama antara Austaralia dan Indonesia.

Wajib belajar di Australia dan Indonesia relatif sama untuk jalur pendidikannya yaitu setingkat SD dan SMP, tetapi bila ditinjau dari lamanya pendidikan terlihat perbedaan satu tahun antara Australia dan Indonesia. Australia wajib belajarnya 10 tahun (SD 6/7 tahun dan SMP 4/3 tahun) dan Indonesia wajib belajarnya 9 tahun (SD 6 tahun dan SMP 3 tahun).

Lamanya pendididkan dasar dan pendidikan menengah di Australia dan Indonesia relatif sama yaitu 12 tahun, tetapi bila ditinjau dari jalur pendidikan terdapat perbedaan antara pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Australia dan Indonesia.

Di Australia lama pendidikan dasar dan pendidikan menengah berbeda-beda pada setiap negara bagian dan wilayah daratan, dikarenakan diberikanya kewenangan seluas-luasnya (otorita penuh) dalam penyelenggaraan pendidikan dasar dan memengah. Sedangkan di Indonesia, lama pendidikan dasar dan pendidikan mengerah relatif sama untuk setiap daerah (propinsi/kabupaten/kota).

☻☺♥☺☻

REFERENSI

Academy, Expression, 2007. Education Systems in Australia (http://www. expressionacademy.com/education%20systems%20in%%20australia.html, diakses pada tanggal 17 November 2008).

Australiauniviersity, 2008. Pendidikan Tinggi (Universitas) (http://www. universitasaustrali.com.au/studi_di_australia/pendidikan_tinggi_universitas, diakses pada tanggal 17 November 2008).

Breen, Jim. 2004. Higher Education in Australia: Structure, Policy & Debate (http://www.csse.monash.edu.au/~jwb/aused/aused.html, diakses pada tanggal 17 November 2008).

Suparlan. 2004. Laporan Kegiatan Studi Banding di Australia. (http://www.suparlan.com/pages/posts/laporan-kegiatan-studi-banding-di-australia36.php, diakses pada tanggal 17 November 2008).

Wikipidia, 2008. Jenjang Pendidikan (http://id.wikipedia.org/wiki/ Pendidikan#Jenjang_pendidikan, diakses pada tanggal 17 November 2008).

———–, 2008. Jalur Pendidikan (http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan# Jalur_pendidikan, diakses pada tanggal 17 November 2008).

Yesaustralia. 2007. Educational System in Australia (http://www.yesaustralia. com/cursoestudo-sistemaensinoing.htm, diakses pada tanggal 17 November 2008).

☻☺♥☺☻

About these ads