Krui adalah suatu daerah yang letaknya berada di pinggiran bagian barat Propinsi Lampung (tepi pantai samudra hindia). Krui sejak zaman Inggris adalah  kota district/afdelling resident, menurut catatan Belanda (Sumber: E.A. Francis, ‘Benkoelen in 1833’, TNI 4e jrg 1e deel, 1842, hlm. 423 -424 ) th 1833.

Asal kata krui  dari berasal  way krui, sama saja dengan daerah-daerah lain di Lampung. Kata kata Krui sesuai tambo (grup penggawa lima), karena di dekat way krui banyak sekali kera…, pada waktu Lumia Ralang dan rombongan tiba di Krui mereka memanggil kera : kera uii kera ui kera, kera ui kera ui… jadilah Krui…  disebut orang way krui…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dengan ketinggian ombaknya yang memiliki tinggi 5 meter dan panjang gelombang 200 meter, maka tak heran jika tidak kurang dari 100.000 orang wisatawan yang berasal dari Australia, Portugal, Belanda dan Jepang selalu berkunjung ke Pamtai ini setiap tahunnya untuk melakukan Surfing.

Jadi, jika anda mempunyai hobby Surfing maka Pantai Tanjung Setia akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. di Pantai ini juga telah tersedia Surfing Camp untuk lebih memudahkan para wisatawan yang ingin melakukan Surfing.