oleh Tati

ABSTRACT

Developing Set of Contextual Teaching and Learning Derivative Topic at Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang aims : 1) to develop the set of contextual teaching and learning material that is the valid and practical in derivative topic; 2) to know the effective of learning by using approaching based the contextual in derivative topic.

The research method which is used is development research that contains three phases namely (1) self evaluation is phases of analysis and design the set of contextual teaching and learning derivative topic; (2) prototyping is evaluation revise phase; and (3) field test.

Collecting data is done by using test, observation and document. From the result of test is got the student’s average of score 81,11 or over standard of minimum score 66,16. From the result of observation shows that seven principles of  the contextual learning have reached 84,95 % or it is included good criterion.. From the document data is concluded that for using the student’s book and the student work sheet (LKS) have got practice criterion. The  lesson plan which has been designed, validated by some experts mathematics and the mathemathics education then it is revised based on the suggestion from the experts. The validated and revised lesson plan is assumed that it fulfils the valid and practical criterion so  it can used in the implementation of  the contextual teaching and learning for the derivative topic.

The conclusion from this research are : 1) the set of contextual teaching and learning derivative topic which is developed in this reseach is categorized valid and practice; 2) From the result of test is got the student’s average of score 81.11 or over standard of minimum score 66.16. So that means, the contextual teaching and learning had implied effective.

Key word : the set of contextual teaching and learning, derivative.

ABSTRAK

Penelitian Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual pokok bahasan turunan yang valid dan praktis; (2) mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis kontekstual pokok bahasan turunan.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari 3 tahap yaitu  (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2) prototyping, meliputi tahap evaluasi dan revisi; dan (3) field test.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 81,11 atau sudah melampaui standar ketuntasan minimum 66,16. Hasil observasi menunjukkan bahwa tujuh prinsip pembelajaran kontekstual telah mencapai 84,95 % atau termasuk kriteria baik. Dari data dokumentasi disimpulkan bahwa untuk penggunaan buku siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS) telah mencapai kriteria kepraktisan. Kemudian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah didesain, divalidasi oleh beberapa pakar dan praktisi matematika dan pendidikan matematika kemudian direvisi berdasarkan saran dari para pakar tersebut. RPP yang telah divalidasi dan direvisi tersebut dianggap telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual untuk pokok bahasan turunan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis; (2) dari hasil analisis data tes hasil belajar pokok bahasan turunan dengan menggunakan pendekatan kontekstual diketahui bahwa nilai rata-rata siswa telah mencapai 81,11 dengan kata lain sudah melampaui Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yaitu 66,16.. Hal ini berarti bahwa pembelajaran kontekstual yang dilakukan sudah termasuk kategori efektif.

Kata kunci : perangkat pembelajaran kontekstual, turunan.