oleh Rusnawaty Umar

ABSTRACT

The aim of this study is to find and the use of graphic media increase students’ motivation and the learning mathematics. This study was carried out from April to May 2009. The method used in this research is experiment method. The populations are all the fourth grade student which consists of two groups, namely: the C class used of graphics media as a experiment class whit consists of 37 students, the B class is a control class that do not use the media consists of 39 students, and the A Class as the try out class of 40 students. The data find out the influence of students activity to cause to motivation and increase their learning. Data of the students’ motivation taken from a questionnaire which distributed to students and students achievement data taken from students’ test. The results of this research indicated that the use of graphic media (images) is significant influenced to students motivation and students learning. Besides that, there is also strong relationship between motivation and student achievement in mathematics subjects. It suggested to each teacher if she or he teacher should better use media for the achievement of goals in instructional

Key words: Graphic Media, Motivation and Learning Mathematics

ABSTRAK

Penelitian tentang ’’Penggunaan Media Grafis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang” telah dilakukan dari bulan April sampai dengan Mei 2009. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Yang diteliti adalah penggunaan media grafis dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematika, motivasi dan hasil belajar siswa sebgai variabel. Populasi dalam penelitian ini, seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang, dengan menggunakan dua perlakuan, yaitu: kelas IV C menggunakan media grafis sebagai kelas eksperimen sebanyak 37 siswa, kelas IV B sebagai kelas kontrol yang tidak memakai media sebanyak 39 siswa, kelas IV A sebagai kelas uji coba sebanyak 40 siswa. Untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam menumbuhkan motivasi dan meningkatkan prestasi belajarnya. Data motivsi siswa diambil dari kuesioner yang dibagikan dan diisi oleh siswa. Sedangkan data prestasi belajar siswa diambil dari tes yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media grafis (gambar) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Disamping itu terdapat juga hubungan yang kuat antara motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dalam upaya meningkatkan mutu hasil belajar pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang, disarankan pada setiap guru, jika mengajar sebaiknya memakai media demi tercapainya tujuan dalam pembalajaran.

Kata Kunci : Media Grafis, Motivasi dan Pembelajaran Matematika