Mata Kuliah :

PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSIONALOleh :

Fadli

PT. MUSI RAYA  WISATA

&

DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG

  1. A. Latar Belakang

Pariwisata adalah industri penting dan terbesar di dunia, negara-negara pun sibuk mereposisi industrinya. Bagi Indonesia, peranan pariwisata makin terasa, terutama setelah melemahnya peranan minyak dan gas. Pariwisata tetap jadi primadona dan bahkan jadi salah satu tumpuan harapan perekonomian dari penerimaan devisa nonmigas.

Dengan ditetapkannya program Visit Musi 2008, kota Palembang saat ini semakin semarak, geliat dunia usaha, terutama dunia usaha yang bergerak di sektor industri pariwisata dan sektor lainnya kini semakin menambah dinamika kota Palembang. Pemerintah telah memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana pendukung lainnya, dan masyarakat telah mempersiapkan diri dengan peran serta dan peran aktifnya dalam memanfaatkan momen besar ini. Sehingga diharapkan Program Visit Musi 2008 ini dapat dinikmati bersama dan bermanfaat bagi berbagai pihak.

Pemasaran pariwisata yang baik dapat mendorong peningkatan lapangan kerja yang memadai. Sebab di bawahnya terdapat kegiatan ekonomi produktif mulai dari kerajinan, kesenian, makanan, transportasi, travel, herbal, dan sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan pemandu wisata yang berkompeten yang dapat mengenalkan produk-produk parawisata yang ada di kota Palembang.

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang parawisata yang terkemuka di kota Palembang, memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan pariwisata di kota Palembang khususnya dan Sumatera Selatan umumnya.                PT. Musi Raya Wisata  sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang parawisata bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Palembang, bermaksud mengadakan pelatihan bagi calon pemandu wisata. Dengan pelatihan ini diharapkan, dapat menghasilkan pemandu-pemandu wisata yang benar-benar mengerti tentang objek-objek wisata di kota Palembang.

  1. B. Analisis Kebutuhan

Berdasarkan  hasil observasi terhadap pemandu wisata yang ada di kota Palembang masih kurangnya pelayanan prima terhadap para wisatawan domestik maupun manca negara. Hal ini dapat di lihat dari skill/keterampilan yang dimiliki pemandu wisata, kemampuan bahasa Inggris yang masih rendah dan kepercayaan diri pemandu wisata di lapangan sangat rendah yang disebabkan kurang pengetahuan tentang parawisata yang dikunjunginya.

Oleh karena itu, terjadinya kesenjangan yaitu hasil yang diharapkan oleh wisatawan untuk mendapatkan pelayanan prima tidak didapatkan dari pemandu wisata.  Kecewanya penguna atau stakeholder (dalam hal ini wisatawan) terhadap pemandu wisata yang ada saat ini mengakibatkan akan berkurangnya wisatawan yang berkunjung di kota Palembang, yang berdampak pada berkurangnya pendapatan daerah kota Palembang.

Analisis kemungkinan penyebab rendahnya pelayanan prima oleh pemandu wisata adalah kurangnya kemauan (motivasi) dan kemampuan  dari pemandu wisata terhadap teori dan  praktek di lapangan pada saat memandu wisatawan.

Oleh sebab itu diperlukan suatu Pelatihan Pemandu Wisata Kota Palembang, yang bisa melaksanakan pelayanan prima terhadap para wisatawan domestik maupun manca negara. PT. Musi Raya Wisata, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang parawisata bekerjasama dengan DInas Pariwisata Kota Palembang, bermaksud mengadakan pelatihan terhadap pemandu wisata yang telah ada atau calon pemandu wisata yang akan mengenalkan parawisata kota Palembang khususnya dan Sumatera Selatan umumnya.

  1. C. Tujuan
    1. 1. Tujuan Umum

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para pemandu wisata kota Palembang mampu menjelaskan produk-produk pariwisata di kota Palembang dan memberikan pelayanan prima terhadap para wisatawan domestik maupun manca negara.

  1. 2. Tujuan Khusus

Setelah mengikuti pelatihan ini, para pemandu wisata kota Palembang dapat :

  1. Memahami konsep parawisata yang ada di kota Palembang
  2. Menjelaskan komponen produk parawisata yang ada di kota Palembang
  3. Menjelaskan karakteristik produk parawisata yang ada di kota Palembang
  4. Menjelaskan prosedur pelayanan prima terhadap wisatawan
  5. Menerapkan teori yang didapat dalam pelaksanaan memandu wisatawan
  1. D. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah terlatihnya 20 (dua puluh) orang pemandu wisata yang berkompeten dan bisa memberikan pelayanan prima terhadap wisatawan domestik maupun manca negara yang berkunjung ke kota Palembang.

  1. E. Peserta Pelatihan

Peserta pelatihan berjumlah 20 (dua puluh) orang terpilih yang telah lulus test seleksi administrasi, tertulis dan wawancara.

Syarat-syarat administrasi dari peserta pelatihan pemandu wisata kota Palembang adalah sebagai berikut :

  1. Pria / Wanita lulusan SMK/D.I/D.III Jurusan Parawisata
  2. Usia Maksimal 25 tahun
  3. Berpenampilan menarik (tinggi wanita min 160 cm dan pria min 165 cm)
  4. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan
  5. Sehat jasmani dan rohani

Sedangkan test tertulis dan wawancara akan melihat kemampuan calon peserta pelatihan mengenai pengetahuan umum dan pariwisata yang ada di kota Palembang.

  1. F. Waktu dan Tempat Pelaksanaa

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari atau 1 (satu) minggu dari tanggal 12 – 18 Mei 2008

Tempay pelatihan akan dilaksanakan di kantor Dinas Pariwisata Kota Palembang, Jl. Rumah Bari (dekat Benteng Kuto Besak) 16 Ilir Palembang.

  1. G. Materi Pelatihan

Materi pelatihan pemandu wisata kota Palembang akan difokuskan kepada pariwisata yang ada di kota Palembang. Adapun materi yang akan diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Konsepsi parawisata yang ada di kota Palembang
  2. Komponen produk parawisata yang ada di kota Palembang
  3. Karakteristik produk parawisata yang ada di kota Palembang
  4. Prosedur pelayanan prima terhadap wisatawan
  5. Praktik lapangan menerapkan teori yang didapat dalam pelaksanaan memandu wisatawan
  1. H. Materi dan Alokasi Waktu Pelatihan
No Materi / Kegiatan Metode Alokasi Waktu/Jam Pelatihan Keterangan
Teori Praktek
12

3

4

5

Konsepsi parawisata yang ada di kota PalembangKomponen produk parawisata yang ada di kota Palembang

Karakteristik produk parawisata yang ada di kota Palembang

Prosedur pelayanan prima terhadap wisatawan

Praktik lapangan

Ceramah & DiskusiCeramah & Diskusi

Ceramah & Diskusi

Ceramah & Diskusi

44

4

4

8

30

Jumlah 16 38 54 jam
  1. I. Strategi Pelatihan

Strategi yang ditempuh dalam pelatihan ini adalah pemberian teori dan praktek lapangan, dengan perbandingan 30 : 70. Untuk teori, kepada para peserta akan disajikan materi-materi yang mengarah pada bagaimana cara pemandu wisata dalam memberikan palayanan prima kepada wisatawan. Dalam praktek di lapangan, para peserta terjun langsung ke objek-objek wisata yang ada di kota Palembang dan memperatekan langsung teori yang telah didapatkan. Para peserta pelatihan didampingi para pembimbing, dengan tujuan agar peserta pelatihan dapat berlatih dan memberikan pelayanan prima sesuai dengan arahan tutor dan narasumber.

  1. J. Narasumber, Pembicara Khusus dan Pembimbing

1.   Pakar  : Dinas Parawisata Kota Palembang

2.   Narasumber  :

  • Budayawan Palembang
  • Seniman Palembang
  • Kesultanan Palembang
  • Pengrajin Palembang

3.   Pembicara Khusus

Para pembicara khusus dalam pelatihan ini adalah orang yang memiliki wawasan dan keahlian dalam bidang pariwisata dan kepribadian, yaitu :

  • Dra. Betty Anggreni, M.Psi (Kepribadian)
  • Drs. Basuki, M.Si. (Pariwisata)
  • Ahmad Bermawi, BA (Pariwisata)
  • Yunita, SE (Pariwisata)
  1. Pembimbing

Para peserta mendapat bimbingan dari para pembimbing yang telah memiliki wawasan dan keahlian sebagai pemandu wisata, yaitu :

  • Rosmidawaty, A.Md
  • Iramawati, SE
  • Masudi, SH
  • Syarifudin, SE
  1. K. Biaya

Seluruh biaya yang digunakan untuk kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata bersumber PT. Musi Raya Wisata.

  1. L. Kepanitiaan

1.   Pengarah                  : Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang

2.   Penanggung Jawab           : Direktur PT. Musi Raya Wisata

3.   Ketua Kegiatan        : Wakil Direktur PT. Musi Raya WIsata

4.   Administrasi              : 1. Puji Astuti

2. Rusnawaty

3. Nazmulmila

4. Kardinal

  1. M. Jadwal Pelatihan
Waktu Kegiatan Penyaji Pemandu
Senin, 12 Mei 200808.00 – 09.30

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Dinas PariwisataDrs. Basuki, M.Si.

Drs. Basuki, M.Si.

Yunita, SE

Waktu Kegiatan Penyaji Pemandu
Selasa, 13 Mei 200808.00 – 10.00

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Komponen produk parawisata yang ada di kota PalembangIstirahat

Karakteristik produk parawisata yang ada di kota Palembang

Ishoma

Karakteristik produk parawisata yang ada di kota Palembang

Istirahat

Prosedur pelayanan prima terhadap wisatawan

Yunita, SE.

A. Bermawi, BA

A. Bermawi, BA

.

Dra. Betty A, M.Psi

Rabu, 14 Mei 200808.00 – 10.00

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Prosedur pelayanan prima terhadap wisatawanIstirahat

Praktek Lapangan

Ishoma

Praktek Lapangan

Istirahat

Praktek Lapangan

Dra. Betty A, M.Psi.-

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Kamis, 15 Mei 200808.00 – 10.00

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Praktek LapanganIstirahat

Praktek Lapangan

Ishoma

Praktek Lapangan

Istirahat

Praktek Lapangan

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Jum’at, 16 Mei 200808.00 – 10.00

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Praktek LapanganIstirahat

Praktek Lapangan

Ishoma

Praktek Lapangan

Istirahat

Praktek Lapangan

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Sabtu, 17 Mei 200808.00 – 10.00

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Praktek LapanganIstirahat

Praktek Lapangan

Ishoma

Praktek Lapangan

Istirahat

Praktek Lapangan

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

Waktu Kegiatan Penyaji Pemandu
Minggu, 18 Mei 200808.00 – 10.00

09.30 – 10.00

10.00 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.00

15.00 – 15.30

15.30 – selesai

Praktek LapanganIstirahat

Praktek Lapangan

Ishoma

Praktek Lapangan

Istirahat

Penutuipan

Pembimbing

Pembimbing

Pembimbing

©§yvxvy§©