KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmaanirrohiim. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam yang memberikan kekuatan dan kesabaran tak berbatas dalam menyelesaikan amanah ini.

Tiada kata yang patut terucap melainkan alhamdulillah bagi Rabbku tercinta atas karunia-Nya yang besar. Rasa syukur yang tiada terkira atas kesempatan untuk menyelesaikan review mata kuliah martikulasi “Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan.” Review ini diperuntukan sebagai pengganti Ujian Akhir Semester (UAS) bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah martikulasi Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan.

Dalam kesempatan ini, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak yang telah membantu penyelesaikan review ini, khususnya kepada Bapak Dr. Asep Supena, M.Psi., sebagai dosen pengampuh mata kuliah martikulasi Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan.

Sesungguhnya review ini hanyalah setitik ilmu dari lautan ilmu Allah Yang Maha Luas. Semoga bermanfaat bagi kemajuan umat manusia. Akhirnya, segala kritik dan saran yang sifatnya konstruktif untuk penyempurnaan review ini di masa yang akan datang dari siapapun datangnya, penulis akan terima kasih dan sambut dengan segalah kerendahan hati. Amin.

Jakarta,   Agustus 2010

Fadli


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………..……………………………………..
KATA PENGANTAR …………..…………………………………………….
DAFTAR ISI …..…………………………………….….…………………..
i

ii

iii

Materi 1 PSIKOLOGI DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
  1. Hakikat Psikologi …………………………………………………………………..
  2. Hakikat Prilaku ……………………………………………………………………..
  3. Tujuan Mempelajari Psikologi ………………………………………………….
  4. Sejarah Singkat Psikologi ………………………………………………………..
  5. Jenis/Cabang Psikologi ……………………………………………………………
  6. Hakikat Psikologi Pendidikan ………………………………………………….
1
1
2
2
2
3
Materi 2 TEORI/PERSPEKTIF DALAM PSIKOLOGI
  1. Pendekatan Behavioristik ………………………………………………………..
  2. Pendekatan Humanistic …………………………………………………………..
  3. Pendekatan Psikodinamik ……………………………………………………….
  4. Pendekatan Kognitif ……………………………………………………………….
  5. Pendekatan Sosio-Kultural ………………………………………………………
4
4
5
5
6
Materi 3 PERKEMBANGAN MANUSIA (HUMAN DEVELOPMENT)
  1. Perkembangan (Development) ………………………………………………..
  2. Pertumbuhan dan Perkembangan ……………………………………………..
  3. Proses dan Periode Perkembangan …………………………………………..
7
7
8
Materi 4 KERAGAMAN INDIVIDU (INDIVIDUAL DIFFERENCES)
  1. Perbedaan Inteligensi (Kecerdasan) …………………………………………..
  2. Perbedaan Gaya Pembelajaran ………………………………………………..
  3. Perbedaan Kepribadian dan Temperamen ………………………………….
  4. Dampak Perberbedaan terhadap Pengajaran dan Pembelajaran …….
  5. Menghadapai Perbedaan Individu dengan Kemampuannya masing-masing di dalam Kelas ……………………………………………………………
9
9
10
10
10
Materi 5 SISWA DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS (STUDENT WITH SPECIAL NEED)
  1. Hakikat Kebutuhan Khusus ……………………………………………………..
  2. Pendidikan Kebutuhan Khusus …………………………………………………
  3. Pendidikan Inklusi …………………………………………………………………
11
11
12
Materi 6 INTELIGENSI DAN MULTIPLE INTELEGENSI
  1. Hakikat Intelegensi …………………………………………………………………
  2. Multiple Intellegences ……………………………………………………………..
13
14
Materi 7 TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK (BEHAVIORAL THEORIES OF LEARNING)
A.Sejarah Perkembangan Psikologi Behaviorisme …………………………..

B. Hakikat  Belajar Menurut Tokoh Behaviorisme …………………………..

C. Struktur  Manusia Ditinjau dari Teori Belajar  Behaviorisme ………..

E. Implikasi dan Aplikasi Behaviorisme dalam Pembelajaran ……………

F. Prinsip Umum Teori Belajar Behaviorisme …………………………………

15

15

15

16

16

Materi 8 COGNITIVE AND SOCIAL THEORIES OF LEARNING
  1. Teori Kogniti Sosialf ………………………………………………………………
  2. Pembelajaran Observasional ……………………………………………………
  3. Menggunakan Pembelajaran Observasional Secara efektif …………..
  4. Pendekatan Perilaku Kognitif dan regulasi diri …………………………..
17
17
18
18
Materi 9 PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
  1. Lingkungan Pembelajaran yang Efektif …………………………………….
  2. Dampak Waktu pada Pembelajaran ………………………………………….
  3. Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Kondusif ………………
  4. Pembelajaran Sebagai Sistem …………………………………………………..
19
19
19
19
Materi 10 MOTIVASI (MOTIVATION)
  1. Hakikat Motivasi …………………………………………………………………..
  2. Jenis-jenis Motivasi ………………………………………………………………..
  3. Teori-teori Motivasi ……………………………………………………………….
  4. Cara/Strategi Membangkitkan Motivasi …………………………………….
21
21
21
21
Materi 11 PENGELOLAAN KELAS (CLASSROOM MANAGEMENT)
  1. Hakikat Pengelolaan Kelas ………………………………………………………
  2. Masalah Pengelolaan Kelas ……………………………………………………..
  3. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas ……………………………………….
23
23
24
Materi 12 ASSESMENT DAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN
  1. Hakikat Evaluasi Pembelajaran ………………………………………………..
  2. Tujuan dan Fungsi Evaluasi ……………………………………………………..
  3. Penilaian Berbasis Kelas …………………………………………………………
  4. Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar …………………………………
25
25
25
26

ooo 000 ooo

Materi review dapat didownload di bawah ini:

Download Materi Review Matkatkuliah Orientasi Baru dlm Psikologi Pendidikan

Iklan