Oleh : Satinem *)

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode latihan inkuiri sosial dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMU Xaverius Lubuklinggau. Rumus yang digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan hasil belajar adalah X = R2 —R1/R1 x 100%. Hasil penelitian selama dilaksanakan siklus penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi yaitu sebesar 33,36%. Dengan rincian nilai rata-rata pratindakan 5,77 dari 44 siswa. Nilai rata-rata siklus I sebesar 7,15 dari 44 siswa terjadi peningkatan sebesar 1,35 dari nilai pratindakan. Sedangkan nilai rata-rata siklus 11 sebesar 7,90 dari 44 siswa dengan peningkatan sebesar 0,75. Pada siklus III diperoleh nilai rata- rata sebesar 8,39 terjadi peningkatan sebesar 1,09 dari siklus II. Secara klasikal tingkat ketuntasan belajar sudah tercapai. Siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas sebanyak 43 siswa dengan persentase 97,73%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Metode latihan inkuiri sosial dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMU Xaverius Lubuklinggau” terbukti kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan 1) terciptanya interaksi yang baik antara siswa dengan guru; 2) siswa lebih terampil mengungkapkan ide atau gagasan melalui alat peraga yang digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran.

Kata-Kata Kunci: Keterampilan berbicara, metode latihan inkuiri social

Download Jurnal Penggunaan Metode Latihan Inkuiri Sosial sebagai Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMU Xaverius Lubuklinggau