Fadli
Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model jejaring sosial pada pelajaran matem­atika. Responden pada penelitian ini terbatas pada siswa kelas XI IPA MAN 3 Palembang. Penelitian ini dilaksanan pada bulan januari sampai dengan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research dan Development (R&D) dengan menggabungkan model penelitian Borg & Gall dan model pengembangan Dick & Carey. Kelayakan dari model yang dikembangkan, peneliti melakukan uji pakar, uji 1-1, uji kelompok kecil, dan uji coba lapangan, dengan melihat minat dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan prototype keempat merupakan desain yang potensial efektif ketika digunakan pada saat pembelajaran. Ditunjukkan dengan 65,63% siswa tertarik terhadap model yang dikembangkan. Selain itu, rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa adalah 82,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model yang peneliti kembangkan valid dan praktis digunakan pada pembelajaran matematika. Implikasinya model yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada matematika.

Kata kunci: pengembangan, model pembelajaran, jejaring sosial, matematik.

 

Untuk artikel lengkap silahkan download MODEL PEMBELAJARAN JEJARING SOSIAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA