Fadli

Abstract

The research aims at analyzing the quality of students’ critical thinking and self-learning abilities by applying generative learning method in the subject of Algebra Structure at Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Luhuk Linggau. The variable of the research was the result ofgenerative learning approach to improve critical thinking and self-learning abilities in the subject of Algebra Structure at Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Luhuk Linggau. The research objects were 23 students of the fifth semester class in Mathematic Education Study Program of STKIP PGRI Luhuk Linggau the year of 2009/2010. Research method applied was quasi experiment, with experiment class treated with generative learning method and without control class. The research result showed that in general, the critical thinking and self-learning abilities of Algebra Structure Subject had the mean of 75.90 (with minimum score of 70) meaning, the critical thinking and self-learning abilities of the students were generally in high level. Whereas the analysis result ofvariants test was t-count =3.954 and t-table (dk =22, a =1%) = 2,508. It showed that the critical thinking and self-learning abilities of the students with generative learning approach in the subject of Algebra Structure at Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Luhuk Linggau was above the score of 70.

Keywords: critical th liking, generative learning, algebra structure

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran generatif pada matakuliah Struktur Aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Variabel dalam kegiatan penelitian ini adalah hasil penerapan pendekatan pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan kritis dan kemandirian belajar pada matakuliah Struktur Aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V kelas A Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau tahun perkuliahan 2009/ 2010 yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan kuasi eksperimen yang terdiri dari satu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran generatif dan tidak ada kelas pengontrolnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar struktur aljabar mempunyai rerata 75,90 (dari skor minimum 70). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar mahasiswa secara keseluruhan termasuk kategori tinggi. Sedangkan clari hasil analisis uji varians di dapat bahwa thitung = 3,954 dan ttabel(dk =22, a =1%) = 2,508. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan melihat kualitas kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran generatif pada matakuliah Struktur Aljabar di Program Stu.di Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau telah mencapai nilai diatas 70.

Kata-kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran generatif, struktur aljabar

Untuk artikel lengkap silahkan download MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF